Manfaat Daun Pepaya yang Berkhasiat

CahBejo.com – Daun pepaya pada umumnya dimanfaatkan sebagai sayur-mayur. Kuliner dari olahan daun pepaya misalnya, dijadikan sebagai lalapan atau ditumis agar tidak pahit. Selain itu, daun pepaya juga dimanfaatkan dan diolah dengan bentuk lain seperti, dijadikan teh atau ekstrak daun pepaya. Dibalik rasa pahit yang dimiliki oleh daun pepaya, ternyata tersimpan banyak sekali khasiat yang bisa kita manfaatkan.

Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan

manfaat daun pepaya bagi kesehatan

Peneliti membuktikan bahwa rasa pahit dalam daun pepaya memiliki beberapa senyawa aktif yang memiliki efek sangat baik bagi tubuh manusia. Senyawa aktif tersebut seperti vitamin A, B, dan C, protein, kalsium, fosfor, air, ezim paparin, dan sebagainya. Kompleksnya senyawa yang terkandung membuat manfaat daun pepaya juga ikut beragam. Dari banyaknya manfaat yang dapat kita ambil, berikut adalah manfaat utama yang dimiliki oleh dan pepaya:

Obat anti nyeri ketika haid

Nah bagi anda para kaum hawa yang sering merasakan nyeri ketika datang bulan atau haid, tidak ada salahnya anda mencoba resep tradisional obat anti nyeri dari daun pepaya. Caranya, siapkan satu helai daun pepaya segar, asam jawa, dan juga garam secukupnya. Rebus ketiga bahan ini dalam satu wadah hingga mendidih. Kemudian, diamkan air rebusan hingga dingin dan minum ramuan tersebut. Manfaat daun pepaya sangat efektif untuk meredakan nyeri saat haid.

Obat demam berdarah

Bagi anda penderita demam berdarah atau memiliki keluarga yang mengidap penyakit demam berdarah, cobalah untuk mengkonsumsi obat dari daun pepaya yang dibuat secara tradisional. Manfaat daun pepaya bagi penderita DBD ini adalah kandungan daun pepaya mampu mengobati dan menetralkan gejala demam berdarah. Tips memanfaatkan daun pepaya sebagai obat penyakit ini cukup mudah. Caranya, campur lima lembar daun pepaya, gula merah, temulawak dan meniran secukupnya. Rebus hingga mendidih kemudian dinginkan dan minum.

Pelancar pencernaan

Melahap daun pepaya dengan hanya merebusnya saja memang akan memiliki rasa yang sagat pahit. Oleh karena itu, anda disarankan untuk memakannya dengan didampingi makanan yang lain, atau menghilangkan sedikit rasa pahit pada daun pepaya dengan cara menumisnya dengan bumbu. Mengkonsumsi daun pepaya dengan cara ini akan memperlancar pencernaan anda. Sebab, kandungan zat kapain di dalam daun pepaya akan berfungsi untuk membasmi mikro organisme jahat yang biasanya mengganggu system pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya secara maksimal, di sarankan untuk konsumsi rutin sayuran pahit ini setiap dua sampai 3 kali seminggu.

Mengontrol tekanan darah

Orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi seringkali susah untuk mengontrol tekanan darahnya. Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya pun sangat mudah. Yaitu, rebus lima lembar daun pepaya dengan menggunakan setengah liter air. Tambahkan gula merah atau madu untuk mengurangi rasa pahitnya. Rebus hingga air tersisa satu pertinganya saja. Kemudian dinginkan dan minum.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat daun pepaya yang paling utama yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *