9 Manfaat Belimbing Wuluh yang Mujarab

CahBejo.com – Belimbing wuluh adalah pohon atau buah kecil yang berasal dari Maluku, buah belimbing wuluh ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan banyak digunakan sebagai campuran ramuan. Kali ini kami akan memaparkan apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kehidupan manusia sehari-hari, baik untuk untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dikutip dari caraperempuan.com

Belimbing merupakan sejenis pohon buah yang memiliki tinggi sampai 15 cm. Dengan batang yang tidak terlalu tegak dan mempunyai garis tengah sekitar 30 cm, selain bentuk rupanya yang kasar dan berbenjol – benjol ia juga memiliki percabangan yang sedikit condong ke atas dan cabang yang dalam kondisi muda memiliki rambut halus. Belimbing wuluh mempunyai daun susunan ganda dan berbentuk kecil terlihat seperti telur ukuran untuk daun belimbing wuluh berkisar 1-10 cm x 1-3 cm berwarna hijau dan hijau muda pada permukaannya.

Belimbing wuluh banyak digunakan sebagai bumbu masak untuk memperkuat rasa dalam masakannya dengan keasaman rasa yang dimiliki belimbing wuluh. Bagian dalam belimbing wuluh ini yang dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ialah bagian buah, batang, daun, dan bunganya. Semua bagian dalam buah belimbing wuluh ini sangat berkhasiat untuk kehidupan manusia pada umumnya.

Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan

manfaat belimbing wuluh

Zat yang dimiliki oleh buah belimbing wuluh sangat berguna untuk kesehatan diantara lain zat tersebut adalah :
1. Saponin
2. Tannin
3. Glukosa
4. Kalsium
5. Vitamin C

Kebanyakan orang mempercayai belimbing wuluh sebagai obat untuk penyakit sariawan karena rasanya yang asam dipercaya mempunyai kandungan vitamin C, selain itu juga berguna untuk pengobatan penyakit sesak napas. Penyakit sesak napas dapat disembuhkan dengan cara merebus bunganya dengan air yang dicampur dengan gula batu. Dan diminum 2-3 kali dalam satu hari sampai sembuh.

Mari simak manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan :

1. Obat batuk kering

Belimbing wuluh memiliki kandungan kalium yang dapat melancarkan dahak dalam penyakit batuk, juga dapat menurunkan panas atau demam.

2. Hipertensi

Hipertensi bisa disembuhkan dengan belimbing wuluh yakni cara menggunakannya hampir sama dengan sesak napas namun yang direbus bukan bunganya melainkan buahnya yang direbus dengan 3 gelas air sampai air tersebut bekurang setengahnya dan minumlah air hasil rebusan dari belimbing wuluh tersebut di pagi hari.

3. Pengobatan jerawat

Dalam hal ini belimbing wuluh dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan campuran bahan alami lainnya yaitu teh bubuk belerang dan air perasan jeruk nipis.

4. Tekanan darah tinggi

Untuk mengobati tekanan darah tinggi dengan belimbing wuluh perlu juga bahan campuran yaitu biji sari gading. Campuran bahan tersebut ditambahkan air dan direbus lalu minumlah air dari hasil rebusan tadi. Atau bisa juga dengan merebus langsung buahnya sebanyak 3 buah dan anjuran 4 gelas air putih direbus hingga air rebusan tersedia tinggal 1 gelas dan minumlah hasil rebusannya pada saat makan pagi.

5. Diabetes

Untuk penderita penyakit diabetes buah ini bisa jadi alternatif pengobatan tradisional anda dengan cara menyiapkan6 buah belimbing wuluh lalu di tumbuk dan dicampur dengan air sebanyak 1 gelas kemudian di rebus sampai air tersebut setengah gelas dan saringlah hasil rebusan. Minum hasil saringan dari rebusan belimbing wuluh tersebut 2 x dalam sehari.

6. Gondongan

Penyakit gondongan adalah suatu penyakit yang mempunyai karakter membengkaknya leher, kulit leher terasa keras dan menonjol seperti benjolan. Adapun cara penanggulangannya dengan belimbing wuluh ini dengan cara mencampurkan ranting belimbing wuluh sebanyak 10 ranting (bagian ranting yang masih muda) dengan bawang putih dan bawang merah masing-masing 3 – 4 butir. Lalu tumbuk lah campuran tersebut sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami gondongan.

7. Rematik

Untuk caranya dalam pengobatan rematik sebagai berikut : daun belimbing wuluh dicampur dengan kapur sirih dan di tumbuk samapi halus lalu oleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit akibat rematik.

8. Pegal Linu, dan

Bahan campuran yang digunakan adalah biji cengkih dan biji lada secukupnya. Untuk mengobati pegal linu hanya perlu digiling bahan campuran tersebut dan menambahkan sedikit cuka lalu lumurkan pada bagian tubuh yang pegal.

9. Panu

Itu lah manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan, semoga dapat menjadikan anda mudah mencari obat alami dari penyakit yang bisa disembuhkan oleh belimbing wuluh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terimakasih.

Sumber : caraperempuan.com

Incoming search terms:

  • manfaat belimbing wuluh untuk rambut (141)
  • cara memutihkan gigi dengan belimbing wuluh (28)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *