Kenali 7 Tanda-tanda Kanker Serviks

CahBejo.com – Kanker serviks atau penyakit yang juga dikenal dengan nama kanker rahim ini adalah sebuah penyakit yang banyak dialami oleh wanita. Virus penyebab kanker ini disebut dengan Human Pailoma Virus atau HPV. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penyakit mematikan ini, membuat banyak penderita kanker serviks mengalami keterlambatan penanganan. Bahkan, beberapa justru baru mengetahui dirinya terkena kanker serviks setelah kanker sudah tidak mungkin disembuhkan lagi. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana gejala serta tanda-tanda kanker serviks.

Gejala Tanda – Tanda Kanker Serviks

tanda-tanda kanker serviks

  1. Sakit pada area V

Kanker serviks yang tumbuh di dalam leher rahim biasanya akan menyebabkan rasa sakit pada area V, terutama saat berhubungan intim. Rasa sakit juga bisa menyebar ke bagian lain seperti paha, persendian panggul, serta pinggang. Rasa sakit akan semakin menjadi ketika menstruasi sedang berlangsung.

  1. Pendarahan yang tidak wajar

Kebanyakan, wanita menganggap bahwa pendarahan yang banyak, terjadi karena siklus menstruasi yang buruk dan tidak normal. Akan tetapi, jika darah yang keluar saat menstruasi begitu banyak, lebih baik pergilah ke dokter untuk memastikan. Karena, salah satu tanda-tanda kanker serviks adalah terjadinya pendarahan yang tidak wajar.

  1. Keputihan patogonis

Keputihan memang hal wajar yang sering dialami oleh banyak wanita. Meskipun keputihan bukanlah sesuatu yang membahayakan, keputihan bisa saja merupakan tanda adanya suatu penyakit di dalam tubuh. Waspadalah jika anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri: cairan kental dan berbau tidak sedap, memiliki warna yang tidak normal seperti kekuning-kuningan, kehijauan, atau kecoklatan, serta timbul rasa panas dan gatal pada area kewanitaan. Keputihan dengan ciri-ciri ini perlu diperhatikan secara serius. Lebih baik konsultasikan dengan dokter spesialis.

  1. Nyeri saat buang air kecil

Kanker serviks biasanya juga menginfeksi kantung kemih sehingga penderita kanker serviks yang memasuki stadium lanjut akan merasakan nyeri pada saat buang air kecil.

  1. Bengkak di kaki

Jika kaki anda mengalami bengkak tanpa adanya sebab yang jelas, mungkin serangkaian virus penyebab kanker serviks telah menyerang tubuh anda.

  1. Penurunan nafsu makan

Penurunan nafsu makan adalah tanda-tanda kanker serviks yang paling umum. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang mengabaikan tanda-tanda ini dan menganggap turunnya nafsu makan sebagai suatu reaksi tubuh yang wajar untuk terjadi.

  1. Cepat lelah

Virus HPV yang berhasil menjangkit tubuh akan membuat tubuh menjadi gampang lelah. Bahkan, pada waktu istirahat pun rasa lelah akan menyerang tubuh.

Jika anda menemukan tanda-tanda kanker serviks di atas, segeralah pergi ke dokter atau rumah sakit untuk memastikan kesehatan anda. Jika perlu, anda bisa melakukan suntik vaksin Human Pailoma Virus untuk mencegah tumbuhnya kanker di dalam leher rahim anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *