5 Cara Mengobati Bekas Luka Secara Alami

CahBejo.com – Bekas luka membuat kulit mulus menjadi tidak terlihat indah lagi. Akhirnya, rasa percaya diri pun menjadi terpengaruh. Apalagi jika bekas luka ada di bagian-bagian seperti betis, paha, lengan, atau wajah. Bekas luka memang susah dihilangkan. Bekas luka yang tidak dirawat bahkan bisa berubah menjadi keloid yang tidak akan pernah hilang selamanya. Nah, untuk mengatasi masalah bekas luka ini anda bisa melakukan beberapa cara mengobati bekas luka secara alami berikut ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

cara mengobati bekas luka secara alami

  1. Madu

Cairan kental yang memilii rasa manis ini teryata mampu untuk merangsang regenerasi sel sehingga bekas luka bisa cepat memudar. Oleskan madu secara merata pada bekas luka dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilaslah dengan air hangat. Lakukan langkah ini setiap hari secara rutin. Untuk hasil maksimal, gunakanlah madu yang masih alami. [Baca juga: cara membuat masker madu]

  1. Lidah buaya

Selain bermanfaat sebagai penumbuh rambut alami, lidah buaya ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada tanaman berlendir ini sangat efektif untuk melembabkan serta meregenerasi kulit.Dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin, maka bekas luka pun akan memudar secara perlahan.

  1. Mentimun

Cara mengobati bekas luka dengan mentimun cukup mudah untuk dilakukan. Cuci bersih mentimun, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Bekas luka akan segera tersamarkan jika anda melakukan cara ini secara rutin.

  1. Teh Hijau

Para ahli menemukan kandungan antioksidan bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG) di dalam teh hijau. Antioksidan ini berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit sebanyak 200 kali lebih efektif dari vitamin E. Menghilangkan bekas luka dengan teh hijau bisa dilakukan dengan cara membasahi kapas dengan air seduhan teh hijau. Lalu usapkan kapas tersebut pada bagian luka yang telah dibersihkan sebelumnya. [Baca juga: manfaat teh hijau bagi kesehatan]

  1. Cara Mengobati Bekas Luka dengan Buah megkudu

Buah mengkudu yang juga dikenal dengan nama buah noni memiliki kandungan senyawa scopiletin yang berfungsi sebagai zat anti-radang. Untuk memanfaatkan buah mengkudu, pertama anda harus menghancurkan dan menghaluskannya menggunakan blender hingga menjadi jus. Kemudian basahi handuk kecil dengan jus buah mengkudu ini. Kompres bekas luka menggunakan handuk tersebut hingga mengering. Lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara mengobati bekas luka ini 2-3kali sehari hingga bekas luka benar-benar hilang.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara mengobati bekas luka dengan bahan alami. Jika artikel ini bermanfaat, share lewat tombol google plus, facebook, dan twitter di bawah :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *